Senin, 17 Februari 2014

Desa Wisata Krebet Sendangsari Pajangan Bantul, Desa Kerajinan Batik Kayu. 

Saat ini Krebet telah dikenal sebagai sebuah Desa Kerajinan Batik Kayu dan Wayang di Bantul. Desa Wisata yang berlokasi di sebelah barat Goa Selarong ini telah dikenal sebagai tujuan wisata edukasi terutama dengan adanya kerajinan batik kayu dan wayang ini. 
 
Aneka potensi wisata di kembangkan di Desa Wisata Krebet ini antara lain kerajinan batik kayu, tatah sungging kayu, genteng kayu dan beberapa kerajinan dalam skala kecil seperti pisau dapur, irus dan anyaman mending. Disamping itu selain kerajinan, di Krebet juga dikembangkan berbagai kesenian yang dijualnya dalam paket wisata seni dan budaya antara lain : ketoprak, jatilan versi modern dan klasik, kerawitan dan mocopat.
Sejarah nama Krebet, diambil dari salah satu pohon dan dusun dusun disekitar Krebet juga memakai nama tumbuhan sebagain nama dusun antara lain Pringgading (Bambu Kuning), Dadapbong, Serut,  Kalinongko, Kalibogor, Petung (Bambu Petung), Cikat Papat. 
Asal muasal mengapa di Krebet dikembangkan kerajinan, hal ini terkait dengan kesuburan tanah yang ada di sekitar Pajangan yang sulit untuk ditanami tanaman pangan dan lebih banyak ditumbuhi pohon pohon besar. Karenanya banyak yang beralih pada kerajinan yang awal mula dikembangkan seperti topeng dan lain lain sesuai pesanan dan yang menjadi andalan adalah kayu batik. 
Adanya kerajinan batik kayu ini membuka peluang untuk menarik wisatawan datang ke Krebet dan sekarang ini banyak sekali hal hal yang bisa dilakukan wisatawan yang datang ke Krebet seperti belajar membatik wayang dari kayu, belajar anyam tikar, bisa jelajah desa, belajar kesenian. Untuk datang ke Krebet anda tidak dipungut biaya, namun apabila wisatwan ingin belajar kerajinan dan kesenian, ada beberapa paket yang bisa dipilih dan wisatawan akan mendapatkan fasilitas seperti snack, souvenir, dan hasil belajarnya. Paket paket yang ditawarkan berkisar antara 25 ribu sampai 100 ribu tergantung paket yang dipilih.
Untuk menuju Dusun Krebet, Wisatawan bisa melewati Jalan Bantul menuju ke arah selatan. Bisa melalui Bantul Kota kearah kanan atau melalui PG Madukismo ke arah kanan dengan menyusuri plank papan nama Desa Wisata Krebet yang dipasang di setiap jalan menuju ke Krebet.
 

Oh iya di Krebet ini ada sekitar 25 sanggar yang menjadi tempat penampungan bagi setiap kreativitas warga masyarakat. Fasilitas lainnya wisatawan bisa menginap di rumah penduduk yang dijadikan homestay di dusun ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar